Selasa, 01 Februari 2011

Tips 10 Langkah sukses memelihara koi

Waterdecor Splash news, mulai edisi kali ini kita akan membahas 10 langkah sukses dalam memelihara koi, yang tentunya akan dibahas satu persatu di setiap edisi. Langkah yang pertama adalah bagaimana menciptakan lingkungan kolam yang sempurna bagi ikan koi Anda. Lingkungan kolam yang sempurna yang dimaksud, bukanlah terletak pada kondisi pondasi kolam yang terbuat dari semen atau tanah, tetapi yang dimaksud adalah suatu kondisi kehidupan yang berlangsung dikolam, bagaimana ikan koi kita dapat hidup, sehat, tumbuh dan berkembang biak dengan baik. Salah satu caranya adalah menciptakan lingkungan kolam yang stabil. Lingkungan kolam yang stabil adalah suatu kondisi apabila semua parameter kualitas air dapat berubah secara alami sesuai dengan kondisi lingkungan sekitar. Namun perubahan-perubahan yang terjadi tidak mengganggu ikan koi yang ada, sehingga ikan koi masih dapat beradaptasi dengan baik.

Ukuran kolam koi yang dianjurkan minimal memiliki luas 1,5x2m dengan kedalaman 80 sampai 150cm. Jika kolam telalu dangkal, tubuh koi akan terus-menerus terkena sinar ultraviolet yang dihasilkan oleh sinar matahari. Sinar ini dapat warna tubuhnya menjadi pucat, dan pertumbuhannya pun bisa terhambat.

Perlu diperhatikan pula tinggi kolam minimal 25cm dari bibir kolam untuk mencegah koi melompat ke daratan. Selain itu kolam juga harus dilengkapi saluran pembuangan di bagian bawah kolam. Di bagian atas kolam juga dipasang pipa untuk menyalurkan air bersih yang sudah diendapkan.

Filter empat lapis juga perlu dipasang untuk menjaga kebersihan dan kelancaran pasokan air. Filter empat lapis adalah filter yang terdiri dari filter pertama yang terdiri dari kerikil, pasir, dan ijuk yang berfungsi menyaring sampah dan Lumpur yang mengotori kolam.

Filter kedua berupa karbon zeolit yang berfungsi menghilangkan racun, bau tak sedap, dan membunuh bibit penyakit. Filter ketiga berupa pestisida yang tak mematikan bakteri pengurai yang berperan dalam proses penjernihan air kolam. Sedangkan filter keempat berupa tanaman atau bebatuan yang dapat mengikat kotoran.

Derajat keasaman (pH) air yang cocok untuk pertumbuhan koi adalah 6,5-8,5. Gunakan SERA pH-Tester dari Germany dalam melakukan pengetesan kadar derajat keasaman (pH) pada air kolam koi kesayangan anda. Kadar pH yang ideal mampu menghasilkan kualitas air yang sehat dan baik. Sedangkan untuk menjaga sirkulasi air bisa dipasang pompa yang mampu menyalurkan air sebanyak 25 liter per menit. Dengan cara ini, air kolam tak perlu sering dibersihkan, tapi yang perlu dilakukan adalah membersihkan filter dan bak filter. Caranya, semprot filter dengan air bersih sekitar 5-10 menit lamanya.

Bila menggunakan penyaring ini, sebaiknya penggantian air dilakukan dua minggu sekali. Tujuannya untuk membuang zat-zat racun dari sisa-sisa makanan yang terurai menjadi nitrit yang berbahaya bagi kesehatan ikan koi. Ingin tahu, Produk-produk kolam terbaik dan berkualitas untuk produk Anda, hubungi tim Waterdecor di 021-58302483.

PIC: hendry atau juga dapat diemail di

hendry@water-decor.com

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar