Sabtu, 15 November 2014

Tips Jitu Merawat Ikan Mas Koki

Siapa yang tak kenal dengan ikan mas koki, ikan yang gendut dan lucu ini memang merupakan binatang peliharaan yang paling populer dan sangat digemari.

Ikan maskoki mempunyai ciri-ciri yg khas yakni amat rawan pada kandungan ammonia terlarut di dalam air. perihal inilah yang sering kali bikin persepsi di kelompok umur pengagum ikan hias bahwa memelihara ikan mas koki tersebut sulit karena gampang mati.

Untuk menangani problem karena kadar amonia terlarut tersebut, ada 2 hal yang bisa dikerjakan :

Menetralisirnya, atau mengganti airnya. menetralisir kandungan ammonia bisa menggunakan biofiltrasi
Menumbuhkan lumut air, yg dapat menyerap zat yg bisa meracuni ikan tersebut (Baik dalam usaha budidaya)

Pemakaian gelembung udara karena ikan koki sangat membutuhkan oksigen dalam akuarium, tapi dalam memilihnya disesuaikan jika letak akuarium dikamar usahakan membelinya yang ukuran kecil agar tidak berisik dan tidak mengganggu saat tidur. Terakhir, pencahayaan sangat penting karena kurang menarik jika tidak ada cahaya dalam akuarium.

video
Salah satu contoh koleksi ikan mas koki, klien waterdecor

Berikut adalah langkah-langkah jitu untuk merawat Ikan mas Koki:


Ikan koki sangat membutuhkan gelembung udara maka akuarium harus tersedia air pump (penghasil gelembung udara akuarium). Jika menggunakan berbagai hiasan akuarium atau alas (pasir atau batu-batuan) cucilah terlebih dahulu sampai benar-benar bersih dan air tidak keruh.

1.Biofiltrasi
Tehnik biofiltrasi yg baik datang dari penggemar ikan koi. kunci dari tehnik ini.Yaitu pemakaian media filtrasinya. di antara media terbaik yaitu menggunakan matt sintetis, yg sekarang ini banyak didapati di toko ikan hias.
Fungsi dari media ini dapat melakukan penyaringan kotoran ikan dan menahannya, hal ini dapat merangsang perkembangan dari bakteri nitrobacter didalamnya. Aerasi yang digunakan mesti cukup banyak serta waktu biofilter tersebut sudah berjalan, maka environment akuarium/ kolam ikan tersebut telah jadi stabil.

2. Untuk hobiis yg malas menguras air akuarium, metode ini pastinya amat pas, dikarenakan tidak membutuhkan pengurasan air yang terlalu sering. tetapi demikianlah kelemahan yg ada yaitu bahwa dengan air tidak dulu diganti, mengakibatkan zat/mineral yg dibutuhkan ikan menjadi kurang, karena zat tersebut ada di dalam air yang masih baru, sehingga bisa mengakibatkan ikan warnanya jadi kurang cerah. Tehnik ini dapat disertai dengan penggantian air parsial dengan teratur.

3. Kuras air akuarium sekitar satu bulan sekali (tergantung berapa lama air dapat bertahan)
Pada saat menguras akuarium sebelum dibuang ambil dahulu sekitar satu gayung air yang ada di akuarium. Lalu ambil ikan koki menggunakan jaring atau jala (jangan pakai tangan).
Letakkan ikan di air akuarium yang sudah diambil dalam gayung, kemudian bersihkan akuarium bisa dengan sikat atau spon pembersih.

Jika sudah, isi kembali akuarium dengan air baru, kemudian masukkan ikan koki bersama dengan air yang masih ada di gayung tadi. Hal ini untuk mencegah ikan koki stress dan supaya bisa cepat adaptasi lagi. Ulangi langkah-langkah diatas secara berkala dan rutin.

4. Beri makan cukup 1x sehari dan jangan terlalu banyak (tergantung jumlah ikan yang dimiliki) agar ikan lebih agresif.
Untuk pakanannya, Agar keindahan maskoki terpelihara, pakannya dituntut berkualitas baik. Artinya jumlahnya sedikit tetapi mengandung protein, kolesterol, mineral, vitamin, karbohidrat dan lemak yang lengkap. Unsur-unsur ini harus selalu lengkap, karena sangat dibutuhkan untuk mempertahankan warna, kesehatan dan bentuk ikan, sehingga tetap indah dipandang.

Kebutuhan protein sangat mutlak. Protein berguna memacu pertumbuhan dan mengganti jaringan yang rusak. Oleh karena itu kandungan protein dalam pakan maskoki tidak boleh kurang dari 12 persen.

Anda dapat mencoba Produk sera Goldy Basic dan sera Goldy Spirulina yang di distribusikan secara resmi oleh waterdecor, PT. Buana Biru Decorindo.

Produk sera Goldy Basic ini di rancang khusus dan telah memenuhi standar uji coba dan kualitas yang tinggi di laboratorium sera pusat di Jerman. sera Goldy Basic ini merupakan Ini makanan pokok bagi semua ikan mas - bahkan sensitif ikan mas koki yang mahal dengan fisiologi pencernaan khusus mereka. sera Goldy Basic ini memiliki bentuk butiran yang mengambang. Berguna bagi pertumbuhan dan dapat mencegah masalah pencernaan yang spesifik pada spesies ikan mas koki.

Produk ini Anda bisa dapatkan di:
Anda juga bisa mendapatkan produk ini di JAKARTA:
Cinta Alam Aquarium (021 5661751)
Sinar Baru Aquarium (021) 5640503,
Central Aquarium (021) 56943118,
Laris Aquarium (021) 5603450 / 5686003,
Sinar Mas Aquarium (+62)  8118923822,

DEPOK : Tirta Kumala(021 7751839)

BANDUNG : Cibadak Aquarium(022)  6012942.
SURABAYA : Modern Aquarium   (031) 5314261, (031) 5314262
YOGYAKARTA : The Best Aquarium(0274)  514871
SEMARANG : The Best Aquarium (024) 70337003
PONTIANAK : Sarana Aquatic
BALI : Bali Reef  (0361) 281488

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar