Senin, 05 Mei 2014

TIPS RAHASIA MEMBUAT KOLAM KOI YANG SEHAT

Hal pertama yang perlu diperhatikan bagi penggenar Koi adalah Membuat Kolam Koi yang representatif bagi kelangsungan hidup dan kesehatan Koi. Kualitas air dalam kolam Koi merupakan faktor penentu kesuksesan memelihara Koi. Keindahan dan kesehatan Koi sangat dipengaruhi oleh kondisi air dalam kolam koi. Kolam koi yang representatif meliputi syarat yang cukup bagi kehidupan Koi dan keindahan jika dipandang. Beberapa penggemar Koi ada yang tidak terlalu menghiraukan aspek kedua ini tetapi ada sebagian yang terlalu menekankan aspek keindahan tetapi melupakan syarat yang cukup kolam bagi Koi. Koi merupakan Ikan yang akan nampak indah jika dilihat dari bagian punggung bukan dari bagian samping, maka memelihara Koi dalam aquarium tidak akan dapat menikmati keindahan koi secara maksimal.

Kedalaman Kolam Koi

Sebagian orang beranggapan bahwa agar dapat menikmati keindahan Koi, mereka Membuat Kolam Koi yang dangkal antara 30 cm sampai 50 cm saja, sehingga Koi Mudah dilihat, sebenarnya sah-sah saja anggapan ini, akan tetapi Kolam yang dangkal akan membuat Koi tidak bisa tumbuh dalam ukuran jumbo. Bila Koi Jumbo dipelihara pada Kolam Dangkal lambat laun akan membuat tubuh Koi menjadi bengkok sehingga mengurangi keindahan. Solusinya adalah Membuat Kolam Koi dengan kedalaman yang cukup tetapi air selalu bersih dan jernih sehingga meski Kolam Koi cukup dalam tetap dapat melihat Koi meski berada di dasar kolam sekalipun.

Membuat Kolam Koi yang representatif memang memerlukan biaya yang tidak sedikit yang terkadang berbenturan dengan biaya yang tersedia karena itu dalam Membuat Kolam Koi harus menyesuaikan dengan kondisi. Lebih baik kolam dengan ukuran kecil tetapi kualitasnya baik daripada kolam yang besar tetapi kualitas airnya buruk. Akan tetapi prinsip dasar Kolam Koi yang bisa dipegang adalah Mudah perawatan dan yang lebih penting dapat menjaga kesehatan dan Kualitas Koi.


Membangun Kolam Koi Dengan Tepat Akan Menambah Keindahan

Selain itu dalam Membuat Kolam Koi yang harus dipertimbangkan adalah berapa jumlah Koi yang akan dipelihara dan berapa ukuran Koi yang akan dicapai. Ukuran Kolam yang kecil dan dangkal tidak bisa mendukung pertumbuhan koi mencapai ukuran Jumbo. Selain itu seiring dengan pertumbuhan Ikan Koi dalam kolam akan menghasilkan kotoran dan Kandungan Amonia yang meningkat dalam kolam. Hal ini akan berpengaruh terhadap kesehatan dan kehidupan Ikan Koi.


Sumber Oksigen Penting Dalam Membuat  Kolam Koi

Untuk dapat Membuat Kolam Koi yang optimal ada dua hal yang perlu dipertimbangkan yang pertama adalah Sumber Oksigen yang cukup dan sistem Filter yang baik.Sebagaimana hewan lain, Ikan Koi memerlukan Oksigen untuk bernafas dan cukup rentan dengan kondisi kolam yang mimim oksigen. Karena itu perlu suplai oksigen yang cukup dalam kolam koi. Oksigen bisa dihasilkan dari pergerakan air kolam koi, misalnya dibuat dengan air terjun atau dilakukan penambahan aerator pada kolam koi. Sistem filter juga memegan peranan yang penting untuk menjaga kualitas air dalam kolam.

Karena itu filter merupakan equipment wajib dalam Membuat Kolam Koi. Sistem Filter dalam Kolam Koi tidak cukup hanya menghasilkan air yang bersih dan jernih saja seperti halnya kolam renang dengan menambahkan Chlorine misalnya. Bagi ikan koi, Chlorine merupakan zat yang sangat berbahaya bagi kelangsungan hidupnya. Sistem filter dalam Kolam Koi juga harus menjamin kolam Koi bebas dari bahan-bahan kimia berbahaya. Maka sistem filter biologis menjadi pilihan dalam kolam koi.


Oksigen Yang Cukup, Membuat Kolam Koi Sehat
Beberapa Hal penting yang menjadi catatan sebelum Membuat Kolam Koi:

1. Lokasi Kolam Koi
Lebih baik Lokasi Kolam Koi adalah di dekat rumah,agar dapat menikmati keindahannya dan diberi makan paling tidak dua kali dalam sehari. Hindari Membuat Kolam Koi dibawah pohon karena daun-daun bisa mengotori kolam dan hindari di tempat-tempat yang tidak aman dari hama dan orang tidak bertanggung jawab.

2. Membuat Kolam Koi lebih baik di Bawah tanah, dengan cara menggali tanah. Karena Keindahan Koi adalah pada bagian punggungnya. Kolam Koi seperti akuarium kurang memberikan pemandangan yang bagus bagi keindahan koi.

3. Sistem Filter Kolam Koi Yang baik
Jika tidak mau ribet dengan berbagai kerumitan filter kolam,salah satunya dalah dengan membeli filter kolam yang sudah jadi. Anda tinggal menyesuaikan spesifikasi filter dengan ukuran kolam yang dimiliki. Namun demikian tentunya harus bersiap dengan dana yang bisa jadi tidak sedikit. Selain itu dalam memilih filter untuk kolam adalah kemudahan dalam maintenance dan mudah dibersihkan. Berbagai merek produk filter kolam tersedia di pasaran, salah satunya adalah Nexus. Produsen nexus memproduksi berbagai varian filter kolam antara lain Nexus Easy Pod, Nexus Eazy 210, Nexus Eazy 310 dan lain sebagainya.

Sistem filtrasi Nexus sendiri diklaim sebagai filter kolam ikan koi yang paling sukses di dunia. Hal ini karena didukung oleh desain yang inovatif dan menggunakan teknologi yang mutakhir. Selain itu berbagai kemudahan dalam membersihkan filter menjadi pertimbangan tersendiri. Ada katup yang tinggal dibuka untuk membersihkan filter. Nexus filter sendiri telah terbukti merajai pasar filter kolam koi selama 8 tahun yang terus menjaga reputasinya.
Nexus Easy Pod

Nexus Easy Pod, Filter Untuk Kolam Mini
Model filter ini merupakan filter untuk kolam berukuran kecil dan tentunya harga yang lebih murah. Easy Pod merupakan gabungan filter mekanis dan biologis dalam satu paket. Easy Pod terdiri dari Setlement vortex, stainless steel basket untuk menjebak partikel sebelum akhirnya masuk ruang filter biologis. Nexus Easy Pod dilengkapi pula dengan pompa air Airtech dan juga UV lamp 18 watt. Filter ini cocok untuk kolam taman dengan volume 20000 liter atau kolam koi dengan volume 10000 liter air. Nexus Easy Pod juga menjadi filter pilihan untuk kolam karantina.




Nexus 210/310

Pada seri filter kolam ini, Nexus 210/310 masih menggabungkan antara filter mekanis dan biologis dalam satu paket. Dua fungsi filter ini dikombinasikan dengan cara yang cukp cerdik sehingga menghasilkan sistem filtrasi yang cukup efektif. Nexus 210 bisa dipasang pada kolam dengan volume 18,000 litres sedangkan untuk Nexus 310 bisa digunakan pada kolam koi dengan volume maksimal 34,000 liter. Untuk flow rate pada Nexus Eazy 210 bisa mencapai 10.000 liter per jam sedangkan Nexus Eazy 310 13.000 liter per jam.


Nexus 210/310 Filter Kolam Mudah Perawatan
4. Sumber Oksigen bagi Kolam Koi
5. Ukuran Kolam Koi, lahan yang tersedia jangan dialokasikan semua untuk kolam koi tetapi sisakan 30% untuk ruang filter. Sesuaikan pula dengan jumlah ikan, ukuran ikan yang akan dipelihara. Pikirkan baik-baik bila akan membangun kolam koi dengan ukuran besar karena dalam operasional akan memerlukan daya pompa yang besar dan biaya perawatan yang lebih besar pula.
6. Kedalaman Kolam Koi, idealnya kolam Koi memiliki kedalaman 2 meter atau kalau tidak memungkinkan sekitar 1 meter. Dengan kedalaman ini suhu pada kolam koi antara siang dan malam tidak mengalami perbedaan yang mencolok. Perubahan suhu yang mencolok kuran baik bagi Koi. Koi harus selalu beradaptasi dengan perubahan lingkungan. Kolam yang dalam cenderung membuat pertumbuhan Koi lebih cepat dan membuat koi aman dan nyaman.
7. Bentuk Kolam
Pada dasarnya bentuk kolam adalah bebas sesuai selera, yang perlu menjadi catatan bentuk kolam jangan sampai ada bagian yang mati (Death Area), pastikan air selalu mengalir dari waterfall ke setiap penjuru kolam. Bagian kolam yang mati akan membuat bakteri dan gangang tumbuh dan berkembang di tempat tersebut.
8. Sudut Dan dasar Kolam
Upayakan bagian pertemuan antar sisi kolam melengkung dan hindarkan sudut 90 derajat,untuk menghindarkan dari area mati. Bagian Dasar Kolam jangan dibuat rata, buat bagian paling tengah (Botom Drain) lebih dalam dan bagian tepi ke arah tengah miring 20 sampai 40 derajat. Kotoran ikan dan sisa-sisa makanan akan mengendap pada bagian dasar kolam dengan model miring akan membuat kotora terkumpul dan mudah dibersihkan.
9. Jangan menaruh material dan benda Tajam pada Kolam Koi, misalnya batuan sebagai hiasan, semen yang tidak halus pengaciannya. Gerakan Koi terkadang sangt atraktif material ini bisa melukai dan membahayakan koi.
10. Pipa Pralon Untuk menambahkan Air. Air terjun, sistem filter, penguapan air akan mengurangi jumlah air dalam kolam, persiapkan pipa pralon untuk menambahkan air dengan mudah dari sumur atau PAM.
11. Overflow, Siapkan lubang pembuangan untuk mengantisipasi jika air meluap, misalnya karena hujan.
12. Bottom Drain, lubang pembuangan pada bagian dasar kolam untuk membersihkan kolam.

11 komentar:

  1. mohon penjelasannya, untuk dasar kolam, sebaiknya apakah pakai keramik atau di aci pakai semen. terima kasih

    BalasHapus
  2. Wahh keren dan sangat kreatif sekali
    Kunjungi juga www.smartkiosku.com atau www.serbamultimedia.com

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Artikel yang sangat bagus bermanfaat. Untuk yang ingin membuat kolam koi / kolam minimalis tapi tak punya cukup waktu luang.? Kami menyediakan jasa pembuatan kolam koi harga murah dengan hasil yang berkualitas http://www.tukang-taman.id/2017/01/kolam-koi-kolam-minimalis-murah.html?m=1

    BalasHapus
  5. www.anyergathering.com kolam nya luas bgt klw di kita, sejauh mata memandang.. Cek ya

    BalasHapus
  6. www.anyergathering.com kolam nya luas bgt klw di kita, sejauh mata memandang.. Cek ya

    BalasHapus
  7. Mantap jiwa gan, cek juga www.dbirrukoi.com Pembuatan kolam koi www.dbirrukoi.com/pembuatan-kolam-koi/

    BalasHapus
  8. The best place for quality koi pond just klick www.almaqua-ahlikolamkoi.blogspot.com

    BalasHapus