Jumat, 05 November 2010

Bagaimana Mencegah Penyakit ikan kolam

Pada umumnya kolam yang memiliki sistem penyaringan biologis yang sempurna, pemilik kolam menjadi sangat jarang membersihkan dan memelihara kolamnya, dan hal ini sangat memicu timbulnya penyakit yang dapat menginfeksi ikan-ikan yang ada dikolam tersebut

Sayangnya, kolam-kolam yang jarang dibersihkan tersebut, telah tertumpuk endapan lumpur serta sisa-sisa kotoran makanan ikan yang tidak habis dimakan. Hal inilah yang semakin memicu timbulnya penyakit yang dapat menginfeksi ikan-ikan yang ada dikolam. 

Untuk itu, kini Waterdecor kembali meluncurkan produk berkualitas dari Hozelock yaitu Pond Vacum Cleaner untuk membersihkan kotoran-kotoran yang ada di kolam Anda secara praktis dan efisien. Pond Vac memiliki 3 model pengihisap, dilengkapi dengan pisau pemotong, dan posisi handle yang dapat diatur.


Klik disini untuk mengetahui info dan spesifikasi mengenai HOZELOCK

Kemudian dari segi makanan, kebanyakan orang merekomendasikan makanan ikan gandum, tapi lebih baik juga untuk memberi makanan tambahan yang memiliki vitamin yang tidak terdapat di gandum. Kekurangan vitamin pada ikan juga merupakan salah satu penyebab timbulnya penyakit pada ikan.

Penyakit ikan yang sering menjangkiti pada saat awal musim pergantian cuaca adalah penyakit ulcer, yaitu suatu pertanda tarjadinya berbagai infeksi bakteri sistemik pada ikan. Fenomena ini biasanya ditandai dengan munculnya borok/luka terbuka pada tubuh ikan. Sering pula borok ini disertai dengan memerahnya pinggiran borok tersebut. Ulcer dapat memicu terjadinya infeksi sekunder terutama infeksi jamur, selain itu, dapat pula disertai dengan gejala penyakit bakterial lainnya seperti kembung, dropsi, kurus, atau mata menonjol.

Penyakit berikutnya yang sering menjangkiti ikan yang disebabkan oleh Aeromonas hydrophila merupakan salah satu jenis bakteri yang menyerang ikan air tawar, ikan yang terserang biasanya akan mengalami pendarahan pada bagian tubuh terutama di bagian dada, perut, dan pangkal sirip.Aeromonas adalah jenis bakteri yang bersifat metropolitan, oksidasif, anaerobik fakultatif, dapat memfermentasi gula, gram negatif, tidak membentuk spora, bentuk akar, dan merupakan penghuni asli lingkungan perairan.

Kesemuanya itu dapat dicegah dan diantisipasi dengan pemeliharaan atau budidaya dan pemakaian serta pemberian produk-produk berkualitas untuk ikan kolam Anda. Karena di waterdecor menyediakan produk-produk berkualitas yang namanya sudah tidak asing lagi seperti sera Koi Protect. Koi protect ini menjaga selaput membran ikan koi Anda tetap terlindungi. Koi protect juga berfungsi untuk mengikat logam berat yang berbahaya, menetralkan garam dan kaporit, serta menjernihkan air.

0 komentar:

Posting Komentar