Selasa, 05 Oktober 2010

Beberapa Hal yang Harus diperhatikan dalam memelihara ikan koi

Ikan koi merupakan komoditi ikan hias unggulan. Corak sisiknya yang berwarna-warni membuat ikan ini banyak digemari, tidak saja di dalam negeri tetapi juga oleh penggemar ikan hias di mancanegara. Harganya yang mencapai jutaan rupiah membuat ikan hias ini memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Selain dipasarkan di dalam negeri, ikan koi juga diekspor ke berbagai negara, seperti Jepang, Jerman dan Belanda.

Namun, Ada beberapa hal sederhana yang harus diperhatikan dalam memelihara ikan koi.
1. Selalu berikan makanan yang berkualitas.
Mengapa? karena makanan yang berkualitas mempunyai kandungan yang diperlukan koi secara maksimal. Memilih makanan ikan koi pun, juga harus selektif. Kini telah hadir pakan ikan koi dari SERA, yaitu KOI Royal, yang berguna untuk meningkatkan pertumbuhan dan kesehatan bagi ikan koi yang mulai tumbuh. Selain mudah dicerna, pakan ini memiliki kandungan yang seimbang, berupa mineral dan elemen penting untuk untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, dan juga meningkatkan ketahanan serta vitalitas ikan koi Anda. Atau, Anda dapat memilih SERA KOI Color, produk pakan koi ini dapat dikonsumsi oleh koi Anda,  untuk membentuk dan memperkuat pigmen warna sehingga warna ikan ini selalu cerah. SERA KOI Color  juga sangat cocok untuk semua jenis ikan koi yang berukuran menengah.

2. Jaga kebersihan air kolam.









Air di kolam koi bisa dijaga kebersihannya dengan membuat filterisasi yang mampu menjaga air agar tetap bening dan sehat. Salah satunya adalah dengan menggunakan filter yang diciptakan secara khusus untuk kolam ikan koi, yaitu NEXUS dari Evolution Aqua,

dengan sistem filtrasi biologis, dengan menggunakan Media Kaldness K1, di design khusus dengan ekosistem alami untuk mengembangkan bakteri yang terlibat didalam proses amoniak menjadi nitrat. Sistem Filtrasi yang mengagumkan ini mampu menciptakan suatu kondisi yang sangat bermanfaat bagi ikan koi, dan kondisi air tetap terjaga kebersihannya.
Namun demikian, untuk  perawatan, kuras kolam koi setiap 3-4 bulan sekali dengan syarat sistem filterisasi bagus dan berjalan normal. Kita tidak harus menguras air hingga habis,tapi sisakan 25% total air kolam.Ini berguna agar ikan tetap ada di dalam kolam dan nanti setelah kolam diisi, kandungan oksigen didalam kolam masih tersedia, sehingga ikan tidak kolaps. Anda juga dapat menambahkan SERA O2 Plus, pada air kolam ikan koi Anda, karena dengan SERA O2 Plus, mengandung bahan-bahan aktif yang berfungsi secara cepat untuk melepaskan oksigen dan memiliki efek dengan jangka waktu yang lama.

3. Sediakan aquarium cadangan, lengkap dengan heater,filter dan aerator untuk ikan yang sedang sakit.
Jika ada yang sakit masukkan ke dalam aquarium untuk dikarantina,karena dikhawatirkan ikan terkena penyakit menular.Suhu di 28 derajat celcius. Hubungi kami, dan konsultasikan kepada kami, karena kami juga menyediakan produk-produk obat dari SERA untuk ikan yang sedang sakit. 


 

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar